Resep Nuget Wortel



Sayur wortel memiliki kandungan gula, karotin, pektin, aspargin, vitamin A, b, C, D, dan vitamin K, erat, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, sodium, asam amino, minyak esensial, dan betakarotin.
Sedangkan daun wortel mengandung paspirine, zat-zat yang terdapat pada wortel sangat dibutuhkan dalam memicu fungsi kerja kelenjar endoktrin, khususnya kelenjar adrenalin dan kelenjar kelamin, juga berkhasiat menyuburkan sistem reproduksi.
Lalu manfaat wortel yaitu berguna untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam pembentukan tulang, anti kanker, mengatasi tukak lambung, amandel, gangguan kerongkongan dan pernapasan, mencegah konstipasi (sembelit), antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghaluskan kulit.
Zat-zat yang terdapat dalam wortel bermanfaat bagi sistem reproduksi, dalam hal ini untuk mengatasi kemandulan dn menyuburkan sistem reproduksi.Kandungan karoten wortel juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah, kekurangan vitmin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai avitaminosis A dapat menyebabkan rabun senja. Wortel bisa mengatasinya.
Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi
Namun tidak banyak anak-anak dan orang dewasa senang mengkonsumsi wortel apalagi kalau dibuat sayur. untuk itu tidak ada salah nya jika ibu-ibu di rumah mengolah wortel menjadi makanan yang disenangi anak-anak. Salah satu nya Nuget Wortel.
Resep Nuget Wortel :
1. 1/4 wortel segar
2. tepung kanji secukupnya
3. bawang merah goreng secukupnya menurut selera
4. garam secukupnya
5. 3 sendok teh gula pasir
Bahan tambahan :
1. 1/4 Udang kecil
2. 1/4 Ayam dihaluskan
Cara membuat :
1. Ambil sari wortel bisa dengan cara dijus kemudian disaring
2. masukan sari wortel ke dalam wajan dan masak aduk-aduk dengan ditambahkan tepung kanji, masak hingga adonan mengental lalu masukan garam dan gula aduk hingga merata.
3. setelah adonan mengental dan masak angkat, dan campur dengan bawang goreng, udang, ayam aduk-aduk hingga merata
4. setelah cetak adonan ke dalam loyang persegi dan kukus sampai matang.
5. setelah matang potong sesuai selera atau dicetak dengan menggunakan bentuk-bentuk yang lucu.
6. kemudian masukan ke dalam telur dan taburi dengan tepung roti
7. goreng sampai warna kuning keemasan
Siap untuk disajikan, Selamat mencoba.
Comments
2 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

2 komentar:

  1. Hmmm, resepnya bikin kepingin nih, mantap buat berbuka puasa..

    ReplyDelete
  2. Wah iyah nih. Makasih yah gan udah berkunjung ke blog saya :)

    ReplyDelete