agar bibir tidak kering saat berpuasa

Menahan haus dan lapar selama seharian penuh merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan ini terutama bagi umat muslim di dunia. Tentu saja, dengan melakukan serangkaian kegiatan dengan merubah berbagai pola baik makan maupun tidur akan membuat tubuh juga mengalami reaksi. Salah satunya adalah bibir kering serta cenderung pecah-pecah. Hal ini wajar saja terjadi karena asupan air yang dibutuhkan ke dalam tubuh menjadi berkurang.

Tapi bukan menjadi satu alasan agar anda tidak menjalankan ibadah suci ini dengan penuh hikmat serta khusyuk. Walaupun kondisi seperti ini tidak bisa dihindari, anda tidak perlu panik ataupun khawatir. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dikerjakan untuk mengatasi bibir kering tanpa harus mengeluarkan banyak biaya seperti

Hindari membasahi bibir dengan air liur. Air liur mengandung saliva yang akan membuat bibir semakin mengering. Gerakkan bibir atas dan bawah berulang-ulang secara perlahan seakan-akan anda mengunyah sesuatu sehingga bibir akan terasa lebih lembab. Jika terlalu kering basahi dengan sedikit air tanpa membatalkan puasa anda.

Tiada satu pun yang meragukan kemampuan madu dalam mengobati berbagai penyakit. Untuk menjaga agar bibir kering tidak terjadi oleskan madu setiap hari menjelang tidur agar kelembaban terjaga sepanjang hari. Selain itu mengkonsumsi madu baik sahur maupun berbuka sangat dianjurkan untuk menjaga stamina tubuh saat berpuasa.

Menu makanan santan maupun gorengan sebaiknya dihindari saat berbuka maupun sahur. Gulai serta rendang banyak mengandung lemak yang akan membuat anda mudah merasa haus terlebih lagi makanan yang digoreng kering. Makanan yang diolah dengan merebus atau mengkukus sangat disarankan agar bibir terhindar dari kering dan pecah-pecah.

Selain itu membersihkan bibir dari penumpukan kulit mati dengan menggunakan kapas pembersih yang telah diberi sedikit air. Hindari mengelupas kulit mati dengan menggunakan tangan karena akan membuat bibir menjadi perih.

Bibir kering bukanlah sesuatu yang harus ditakuti terutama di bulan suci Ramadhan ini. Dengan melakukan beberapa langkah sederhana seperti diatas akan membuat bibir tetap terjaga kelembabannya.

0 komentar:

Post a Comment